HOME

Senin, 17 April 2017

Kapan Pendaftaran Mahasiswa Baru Program S1 ke Timur Tengah tahun akademik 2017-2018 ?



Informasi pendaftaran seleksi mahasiswa baru program S1 ke Timur Tengah tahun akademik 2017-2018 belum resmi diumumkan oleh pihak Kementrian Agama. Meninjau tahun-tahun sebelumnya memang pendaftaran dibuka menjelang tiba bulan suci Ramdhan. Dan kami mendapatkan sedikit info dari laman Facebook Dr. Usman Syihab selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo bahwa pendaftaran akan dibuka secara serentak seluruh Indonesia melalui online tertanggal 21 April – 17 Mei 2017, akan tetapi berita ini belum resmi (bisa saja meleset prediksinya atau memang disekitar tenggang waktu tersebut), jadi bagi calon pendaftar diharapkan untuk menyiapkan berkas-berkasnya.

Dalam edaran resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia Kairo mengingatkan bagi seluruh calon mahasiswa yang mempunyai keinginan untuk kuliah di Timur Tengah agar tetap melalui jalur yang telah ditentukan pihak pemerintah dan KBRI juga menghimbau agar berhati-hati dengan calo yang sering mematok harga tinggi dengan iming-iming kuliah di luar Negeri. Berikut edaran resminya :



Untuk pendaftaran online biasanya di website Diktis Kemenag yang beralamatkan diktis.kemenag.go.id

Sebagaimana seleksi tahun sebelumnya, seleksi akan  di selenggarakan dalam 1 tahap saja di Indonesia dan Tahap 2 akan dilaksanakan di Kairo (Khusus Univ. Al-Azhar) adapun untuk Sudan dan Maroko kami belum mengetahuinya. Ujian Seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2017 (sebagaimana info dari laman FB Dr. Usman Syihab, MA). Biasanya Ujian Seleksi akan  dilaksanakan di sembilan (9) perguruan tinggi Islam negeri di 9 kota di Indonesia, yaitu; Jakarta, Medan, Pekanbaru, Palembang, Yogyakarta, Malang, Makassar, Banjarmasin dan Aceh.

Untuk lebih lengkap mengenai informasi seleksi ini, silahkan simak terus website diktis.kemenag.go.id  
www.waag-azhar.or.id

Sumber informasi : Akun Facebook Dr. Usman Syihab, MA (Post, 01 April 2017)
Ditulis oleh : Abu Yusuf

2 komentar: