HOME

Rabu, 26 April 2017

KAJIAN NAWAQIDUL ISLAM - 1



Oleh : Abu Yusuf Akhmad Ja'far

Muqoddimah

الحَمْدُ للهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ ، كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَ يَرْضَى ، وَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ
قَالَ اللهُ تَعَالَى : يَآيُّهَا الذِّيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ، وَ لَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَ أَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
وَ إِنَّ أَصْدَقَ الحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ تَعَالَى ، وَ خيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ، وَ شَرَّ الأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَاتِ بِدْعَةٍ وَ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٍ
أمَّا بَعْدُ ،
 Segala pujia bagi Allah atas limpahan rahmat dan nikmat-Nya. Betapa banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita, namun tidak banyak nikmat yang diberikan olehNya kita manfaatkan untuk kebaikan dan ketaatan. Patut bagi kita untuk selalu intropeksi diri setiap langkah yang kita lalui dalam kehidupan dunia ini.

نواقض الإسلام
NAWAQIDUL ISLAM
(PEMBATAL-PEMBATAL KEISLAMAN)

Makna ( نَوَاقِضُ )Nawaaqid adalah bentuk jamak dari (نَاقِضٌ) Naaqid artinya (المُبْطِلُ) pembatal. Kalau di dalam kamus Lisanul Arab oleh Ibnu Mundzir, makna النَّقْضُ yaitu merusak sesuatu ikatan atau bangunan yang sudah tertata.

Allah Ta’ala berfirman :
 وَلَا تَنْقُضُوا الْأَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيدِهَا
“…Dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya”(QS. An-Nahl : 91).

Allah Ta’ala juga berfirman :
وَلَا تَكُونُوا كَالَّتِي نَقَضَتْ غَزْلَهَا مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ أَنْكَاثًا وَلَا تَكُونُوا كَالَّتِي نَقَضَتْ غَزْلَهَا مِنْ بَعْدِ قُوَّةٍ أَنْكَاثًا
“Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali…”
(QS. An-Nahl : 92)

: الاستسلام لله بالتوحيد و الانقياد له بالطاعة و البراءة من الشرك و أهله الإسلام  
Makna : Islam yaitu berserah diri sepenuhnya kepada Allah dengan Tauhid (Meng-EsakanNya), bersungguh-sungguh dalam ketaatan dan berlepas diri dari segal bentuk kesyirikan dan pelakunya (pentolannya).

Penjelasan :
الاستسلام لله بالتوحيد
Makna : Memenuhi semua kemauan Allah dengan MentauhidkanNya, yaitu Meng-Esakan Allah pada Rububiyah-Nya, Uluhiyah-Nya (Peribadatan kepada-Nya) dan Asma’ wa Sifat-Nya.

Allah Ta’ala berfirman :
وَأَنِيبُوا إِلَىٰ رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ
“Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).”(QS. Az-Zumar : 54)

Allah Ta’ala berfirman :
وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۗ وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا
“Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.”(QS. An-Nisaa’ : 125)

Ibnu Katsir berkata mengenai ayat ini : “ (Siapa yang) Mengikhlasan Amal kepada Rabb-Nya Ta’ala, beramal dengan keimanan dan mengharap pahala maka dialah orang Muhsin, yaitu orang yang beramal mengikuti apa-apa yang telah disyariatkan Allah dan mengikuti apa yang datang dari Rasulullah berupa petunjuk dan agama yang benar.
Ini merupakan dua syarat, yang mana tidak dierima suatu amal tanpa salah satu diantara keduanya yaitu Ikhlas dan Benar. Dan ikhlas itu untuk Allah sedangkan benar itu harus sesuai dengan syari’at (Petunjuk Nabi Salallahu Alaihissalam).[1]

Penjelasan

و الانقياد له بالطاعة
Makna : Memenuhi semua keinginan Allah dengan ketaatan. Makna ketaatan yaitu sesuatu yang sesuai dengan perintah secara rela dalam menjalankannya.
Allah Ta’ala berfirman :
قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ ۖ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ
“Katakanlah: "Taatilah Allah dan Rasul-Nya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir".(QS. Al-Imran : 32)
فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih.” (QS. Al-Imran : 63)
و البراءة من الشرك و أهله
Penjelasan
Makna : Menjauhi orang-orang musyrik dan kesyirikannya.
Allah Ta’ala berfirman :
قَدْ كَانَتْ لَكُمْ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِي إِبْرَاهِيمَ وَالَّذِينَ مَعَهُ إِذْ قَالُوا لِقَوْمِهِمْ إِنَّا بُرَآءُ مِنْكُمْ وَمِمَّا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ كَفَرْنَا بِكُمْ وَبَدَا بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةُ وَالْبَغْضَاءُ أَبَدًا حَتَّىٰ تُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَحْدَهُ
“Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka: "Sesungguhnya kami berlepas diri daripada kamu dari daripada apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja…”(QS. Al-Mumtahanah : 4)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا عَدُوِّي وَعَدُوَّكُمْ أَوْلِيَاءَ 
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil musuh-Ku dan musuhmu menjadi teman-teman setia” (QS. Al-Mumtahanah : 1)
Faidah :
Islam yang kaffah itu harus terpenuhi 3 aspek :
    1.       berserah diri sepenuhnya kepada Allah dengan Tauhid (Meng-EsakanNya)
    2.      Bersungguh-sungguh dalam ketaatan
    3.      Dan berlepas diri dari segal bentuk kesyirikan dan pelakunya (pentolannya)
Maksud dari Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab membuat judul di atas (Nawaqidul Islam), bahwasannya seorang hamba yang muslim terkadang menimpa (melakukan) sesuatu dari pembatal-pembatal keislaman yang bias mengeluarkan dirinya dari Agama Islam. Oleh karenanya para Ulama’ dari zaman dahulu hingga kini sangat memperhatikan (sangat peduli) untuk mengumpulkan pembatal-pembatal keislaman. Ada sebagian para Ulama’ yang memasukkan bab Riddah (murtad) ke dalam bab-bab fiqh, ada juga yang membuat kitab tersendiri yang membahas masalah Riddah.
*Murtad itu bisa terjadi dengan beberapa macam cara :*
     1.      Dengan perbuatan
Seperti memalingkan ibadah kepada selain Allah, misal : bersujud kepada selain Allah, menyembelih kepada selain Allah dll.
     2.      Perkataan
Seperti mencela Allah, baik itu bercanda atau memang benar-benar mencela, atau mempermainkan Allah  (menjadi bahan candaan -Na’udzubillah min dzalik-) begitu juga mempermainkan ayatNya, kitabNya dan para rasul-Nya.
Allah Ta’ala berfirman :
وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ ۚ قُلْ أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ(65) لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ ۚ إِنْ نَعْفُ عَنْ طَائِفَةٍ مِنْكُمْ نُعَذِّبْ طَائِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُوا مُجْرِمِينَ
“Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan manjawab, "Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja". Katakanlah: "Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?" (64) Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. Jika Kami memaafkan segolongan kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) disebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa.” (QS. At-Taubah 65-66)
     3.      Keyakinan
Seperti menyelisihi ijma’ dengan menghalalkan apa yang diharamkan Allah atau sebaliknya, seperti orang yang berkeyakinan bahwa zina halal atau meyakini bahwa shalat 5 waktu itu tidak wajib dll.
     4.      Keragu-raguan
Seperti ragu dengan adanya Allah, atau ragu dengan kenabian Nabi Muhammad salallahu ‘alaihissalam. Allah Ta’ala berfirman :
۞ قَالَتْ رُسُلُهُمْ أَفِي اللَّهِ شَكٌّ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ
“Berkata rasul-rasul mereka: "Apakah ada keragu-raguan terhadap Allah, Pencipta langit dan bumi? …”(QS. Ibrahim : 10)
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu…” (QS. Al-Hujarat : 15).
Inilah penjelasan dari judul yang di tulis oleh Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab. Kemudian beliau menyebutkan di dalam kitabnya bahwa pembatal-pembatal keislam itu ada 10, tentunya ini bukan pembatasan tapi hanya sebagian saja. Bahkan para Ulama ada yang mengumpulkan bahwa pembatal keislaman itu ada 400 permasalahan. Hal ini disebutkan oleh Syaikh Shaleh Fauzan dalam Syarh Nawaaqidul Islam beliau. Berikut ini kita akan bahas secara rinci 10 pembatal-pembatal keislaman seseorang.


PEMBATAL ISLAM - 1
SYIRIK
     1.      Menyekutukan Allah (syirik).

Yaitu menjadikan sekutu atau menjadikannya sebagai perantara antara dirinya dengan Allah. Misalnya berdo’a, memohon syafa’at, bertawakkal, beristighatsah, bernadzar, menyembelih yang ditujukan kepada selain Allah, seperti menyembelih untuk jin atau untuk penghuni kubur, dengan keyakinan bahwa para sesembahan selain Allah itu dapat menolak bahaya atau dapat mendatangkan manfaat.

*Dalil-dalil tentang besarnya dosa syirik dan tidak ada ampunan untuknya*

Allah Ta’ala berfirman:
إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَاءُ
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya…” (An-Nisaa’: 48)
Dan Allah Ta’ala berfirman:
إِنَّهُ مَن يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ ۖ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ
“… Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya Surga, dan tempatnya adalah Neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zhalim itu seorang penolong pun.” (Al-Maaidah : 72)
اجْتَنِبُواالسَّبْعَ الْمُوْ بِقَاتِ اَلشِّرْكُ بِاللهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِىْ حَرَّمَ اللهُ اِلاَّ بِالْحَقِّ وَاٰكِلُ الرِّبَا وَاٰكِلُ مَالِ الْيَتِيْمِ وَالتَّوَ لِّى يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْ فَ الْمُحْصَنَا تِ الْغَا فِلاَ تِ الْمُؤْ مِنَا تِ.
Hadits Abu Hurairah Radiyallahu ‘Anhu dari Nabi salallahu ‘alaihissalam  Bahwasannya beliau bersabda: “ Jauhilah tujuh macam dosa yang membinasakan.”Para sahabat bertanya: ”Wahai Rasulullah, apakah ketujuh macam dosa itu?” Beliau menjawab: “Mempersekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa (manusia) yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan hak, makan riba, makan harta anak yatim, lari pada saat pertempuran (dalam jihad) dan menuduh (berbuat zina) kepada wanita-wanita yang selalu menjaga diri, mukminat dan tidak pernah berfikir (untuk berzina).” (HR. Bukhari dan Muslim)
عنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عليه وسلم يَقُوْلُ : قَالَ اللهُ تَعَالَى : يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَاكَانَ مِنْكَ وَلاَ أُبَالِي، يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوْبُكَ عَنَانَ السَّماَءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ، يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ اْلأَرْضِ خَطاَياَ ثُمَّ لَقِيْتَنِي لاَ تُشْرِكْ بِي شَيْئاً لأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً 

 “Dari Anas radiyallahu ‘anhu  dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Salallahu ‘alaihissalam bersabda: Allah Ta’ala berfirman: “Wahai anak Adam, sesungguhnya Engkau berdoa kepada-Ku dan memohon kepada-Ku, maka akan aku ampuni engkau, Aku tidak peduli (berapapun banyaknya dan besarnya dosamu). Wahai anak Adam seandainya dosa-dosamu (sebanyak awan di langit kemudian engkau minta ampun kepadaku niscaya akan Aku ampuni engkau. Wahai anak Adam sesungguhnya jika engkau datang kepadaku dengan kesalahan sepenuh bumi kemudian engkau menemuiku dengan tidak menyekutukan Aku sedikitpun maka akan aku temui engkau dengan sepenuh itu pula ampunan.” (HR. Tirmidzi)

*MACAM-MACAM SYIRIK*
Dilihat dari besarnya dosa, syirik terbagi dua, yaitu akbar (besar) dan ash-ghar (kecil).
    1.      Syirik akbar menggugurkan seluruh amal dan menyebabkan kekal di dalam neraka. Contoh syirik akbar seperti: Syirik doa, yaitu berdoa kepada orang yang telah mati, patung, pohon, batu, atau lainnya. Contoh lainnya adalah syirik ketaatan, yaitu mentaati selain Allah di dalam maksiat, yaitu menghalalkan apa yang Allâh haramkan, atau mengharamkan apa yang Allâh halalkan.
    2.      Syirik ash-ghar tidak menggugurkan seluruh amal, tetapi juga berbahaya. Di antara contohnya adalah riya`, ucapan “masya Allah wa syi’ta” (apa yang Allah kehendaki dan engkau kehendaki), bersumpah dengan menyebut selain nama (sifat) Allah, dan lainnya. Tapi perkara ini jika dilakukan terus menerus maka akan menjadi syirik besar. Oleh karenya jangan pernah meremehkannya.
Dilihat dari pembagian tauhid, syirik terbagi 3, yaitu :
     1.      Syirik di dalam Rububiyah Allah
Seperti berkeyakinan bahwa ada yang dapat mengatur alam ini selain Allah Ta’ala.
     2.      Syirik dalam Uluhiyah Allah
Memalingkan ibadah kepada selain Allah (Dan ini yang sangat banyak terjadi di masyarakat umumnya )
     3.      Syirik dalam Asma’ wa Sifat Allah
Seperti menyamakan Allah dengan makhluknya atau meniadakan (tidak mengakui) sifat-sifat Allah.

Imam Adz-Dzahabi rahimahullah meletakkan Syirik di nomer pertama di kitabnya “Al-Kabaair” (Tentang Dosa-dosa besar). Menunjukkan bahwa dosa paling besar di muka bumi ini adalah kesyirikan.

Imam Adz-Dzahabi berkata : Barangsiapa yang berbuat syirik kepada Allah lalu meninggal dunia maka dia termasuk Ahli Neraka (selamanya).[2]

Semoga Allah Ta’ala melindungi kita dari berbuat syirik kepadaNya, baik itu syirik kecil atau besar. Aamiin.




[1] Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-‘Adhim oleh Al-Hafidz Ibnu Katsir Rahimahullah Ta’ala.
[2][2] Lihat kitab Al-Kabaair hal 5 oleh Imam Adz-Dzahabi rahimahullah Ta’ala.  

0 komentar:

Posting Komentar