HOME

Sabtu, 02 Desember 2017

Membedah Kitab Syarhus Sunnah Imam Al - Muzani_1


πŸ–‹ Oleh : Abu Yusuf Akhmad Ja'far

πŸ“™ *Pertemuan_1 : " Biografi Singkat Imam Al-Muzani"*

πŸƒNama : Ismail bin Yahya bin Ismail bin 'Amr bin Muslim Al-Muzany Al-Misry
πŸƒKunyah : Abu Ibrahim
Al-Muzany merupakan nisbah kepada Muzainah binti Kalb bin Barrah suatu induk Qobilah yang terkenal.
πŸƒLahirnya : Beliau lahir pada Tahun meninggalnya Imam Laist bin Sa'ad yaitu tahun 175 H. Dan beliau merupakan penduduk asli Mesir.
πŸƒMasa Kehidupannya :
Beliau hidup di waktu berkembangnya ilmu pengetahuan di berbagai bidang. Dan beliau hidup sezaman dengan para Ulama Besar, diantaranya : Imam Malik bin Anas , Abdullah bin Mubarok, Imam Warsy' Al-Muqri, Imam Asy-Syafi'i, Sufyan bin Uyainah, Ishaq bin Rahawai, Ibnu Abi Syaibah, Imam Ahmad bin Hambal, Imam Bukhari, Imam Muslim bin Hajjaj, Abu Dawud Assijistani, Imam Ibnu Majah, At-Tirmidzi, An-Nasa'i Rahimahumullah dll.
πŸƒPara Guru Beliau :
Diantara guru-gurunya yang masyhur yaitu ;
1. Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi'i
2. Nu'aim bin Hammad (Guru Imam Bukhari)
3. 'Ali bin Ma'had bin Syadad
Dll.
πŸƒMurid-murid Beliau :
Diantara murid beliau yang masyhur yaitu ;
1. Imam Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah (Pengarang Kitab At-Tauhid Ibnu Khuzaimah)
2. Imam Abu Ja'far bin Muhammad Ath-Thahawy (Pengarang Aqidah Thahawiyah)
3. Imam Abu Muhammad bin Abi Hatim Arrozi (Pengarang kitab Al-Jarhu wa At-Tha'dhil)
Rahimahumullah
Dll.
πŸƒPemahaman Aqidah Beliau :
Imam Muzani adalah seorang Salafi, beliau beraqidah sebagaimana Aqidahnya para sahabat. Hal ini diketahui dari perkara beliau di ujung kitabnya "Syarhus Sunnah" yang akan kita bahas.
Madzhab Beliau :
Beliau adalah seorang yang bermazhab Syafi'i.
Imam Syafi'i berkata " Imam Muzany adalah pejuang dalam Madzhabku".
πŸƒKetekunan Beliau :
Imam Muzani berkata : " Aku membaca kitab "Ar-Risalah " Imam Syafi'i 500 kali, dan tidaklah aku membacanya berulang-ulang kecuali aku mendapatkan faidah baru yang belum aku temui pada saat membaca sebelumnya.
Dalam riwayat lain : Bahwa beliau melihat isi kitab risalah sejak 5 tahun (menekuninya) , dan aku tidaklah melihat kitab berulang-ulang kecuali aku menemukan faidah yang belum aku ketahui sebelumnya.
πŸƒKarya-karya Beliau :
1. Al-Jami' Ash-Shaghir
2. Al-Mukhtashor Al-Kabir
3. Mukhtashor Al-Mukhtashor yang dikenal dengan Mukhtashor Al-Muzani (Kitab yang sangat langka), beliau melakukan proses penulisan ini selama 20 tahun lamanya dengan perjuangan yang tidak mudah, dengan perjuangan yang tak ada henti. Kemudian beliau mengulangi penulisannya sampai 3 kali.
Beliau berkata : Aku menulis kitab ini (Mukhtashor Al-Muzani) selama 20 tahun, dan aku menulisnya sampai 3 kali, Dan tatkala aku akan menulis maka aku puasa dulu sebelumnya 3 hari, kemudian aku sholat, sholat dan sholat (Tentunya Agar dipermudah).
πŸƒPujian Ulama kepada Beliau :
πŸ“ŒImam Adz-Dzahabi berkata : " Beliau adalah Imam, Al-'Allamah (Guru Besar), Ahli dalam urusan Agama, dan termasuk orang yang Zuhud "
πŸ“ŒImam Ibnu As-Sukry berkata : Aku melihat Imam Al-Muzany , tidak ku ketahui orang yang paling rajin Ibadahnya dan paling faqih (pakar fiqih) dari beliau (Pada zamannya).
πŸƒWafatnya ;
Beliau wafat pada Bulan Ramadhan tahun 264 H di Mesir. Dan beliau dikuburkan dekat dengan kuburan Imam Asy-Syafi'i yaitu di Al-Qorrafah Ash-Shugro di kaki bukit Muqottom, Kairo Mesir.
Semoga Allah memberikan balasan yang setimpal atas kebaikan yang beliau lakukan. Aamiin
πŸƒDemikian Penjelasan singkat dari biografi Imam Al-Muzani secara singkat dan ringkas. Dan akan kita lanjutkan di pertemuan berikutnya tentang sebab penulisan kitab Syarhus Sunnah ini. Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita untuk mendulang faidah yang sangat besar dari kitab ini.
________________________
πŸ“šRujukan Utama Penulisan : Kitab Tamamul Minnah 'Ala Syarh Sunnah Al-Muzany karya Syaikhuna Kholid Mahmud Al-Juhany Hafidzahullah Ta'ala dan yang lainnya.
Kairo, 06 Rabi'ul Awwal 1439 H

0 komentar:

Posting Komentar