Oleh : Abu Yusuf Akhmad Ja’far
Muqoddimah
الحَمْدُ
للهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ ، كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَ يَرْضَى، وَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ
قَالَ
اللهُ تَعَالَى : يَآيُّهَا الذِّيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ،
وَ لَا تَمُوْتُوْنَ إِلَّا وَ أَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
وَ
إِنَّ أَصْدَقَ الحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ تَعَالَى ، وَ خيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ
النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ، وَ شَرَّ الأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا
فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَاتِ بِدْعَةٍ وَ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٍ
أمَّا
بَعْدُ ،
Puji
Syukur kehadirat Allah Ta’ala atas segala limpahan Rahmat dan kurnia-Nya,
sehingga kita bisa tetap berada di atas keimanan dan Islam sampai saat ini, dan
juga masih diberi kesempatan untuk mengkaji Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Salallahu
‘alaihissalam sesuai dengan pemahaman para sahabat Nabi Radiyallahu ‘anhum
BAB 1
Biografi Syaikh Muhammad At-Tamimy
(Penulis Kitab Tsalatsatu Al-Ushul)[1]
Namanya
:
Beliau
adalah Al-Allamah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab bin Sulaiman bin Ali bin
Muhammad bin Ahmad bin Rasyid bin Bariid bin Muhammad At-Tamimy.
Lahirnya
:
Beliau
lahir pada tahun 1115 H di ‘Uyainah, salah satu kota di Najd dan beliau tumbuh
besar di kota ini di tengah keluarga yang berilmu dan taat terhadap agama
Islam.
Perjalanan
Menuntut Ilmu :
Dalam usia 10 tahun beliau sudah fasih dalam membaca Al-Qur’an
serta hafal di luar kepala, bukan hanya itu bahkan beliau hafal matan-matan
dari berbagai cabang ilmu. Beliau mempunyai ketajaman dalam memahami susuatu,
cepat nangkap dari informasi yang dia dapat sehingga keluarganya merasa
terheran-heran melihat hal itu. Pada masa baligh beliau sudah menjadi imam
sholat, kemudian beliau pergi ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji selama 2
bulan lamanya, kemudian beliau kembali ke kampung halamannya dan memulai
mendalami kitab-kitab madzhab hambali. Kemudian beliau rihlah (melakukan
perjalanan) ke Bashro dan Hijaz untuk menimba ilmu kepada Alim Ulama’ pada kala
itu.
Guru-gurunya
:
1.
Syaikh
Abdul Wahhab bin Sulaiman (Ayahnya)
2.
Syaikh
Abdullah bin Ibrahim bin Saif An-Najdi
Perjalanan
Dakwahnya :
Syaikh
Muhammad bin Abdul Wahhab menganut pemahaman (Aqidah) Ahlus Sunnah dengan
pemahaman salaf yang selalu berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Sunnah
tanpa ta’wil (yaitu Menetapkan Sifat
dan Nama-nama Allah Ta’ala) dan tanpa filsafat di dalamnya.
Dan
dalam masalah fiqh, beliau adalah hambaliyyun madzhab (penganut madzhab Imam Ahmad
bin Hambal) akan tetapi beliau tidak taqlid buta. Karena apabila beliau
mendapati dalil yang shahih dari Al-Qur’an dan Sunnah sedangkan hal itu
bertentangan dengan madzhabnya, maka beliau lebih memilih dalil yang shahih.[3]
Beliau
hidup pada zaman kemunduran Islam saat itu, karena tersebarnya kesyirikan dan
bid’ah (perkara baru dalam agama yang tidak ada tuntunan wahyu) di kalangan
umat Islam. Dan pada waktu itu juga beliau menjadi salah satu tokoh kebangkitan
Islam. Penyeruan awal dakwah beliau adalah penyeruan kepada Tauhid (Mengesakan
Allah) dan beliau banyak memberantas kesyirikan pada zaman itu. Amalan yang
tersebar di Jazirah Arab kala itu adalah pengkultusan secara berlebihan kepada
para Wali dengan mengusap kubur-kuburnya serta bernadzar atasnya. Dan beliau
juga menyerukan untuk tidak meninggikan kuburan (di kijing). Karena itulah
beliau mendapat julukan Muwahhidun (Penyeru kepada Tauhid). Adapun penamaan
Wahhabiyah itu adalah Nama yang diberikan
oleh orang-orang barat dan pembenci dakwah beliau, agar umat Islam
tertipu dengan itu semua.
Banyak
orang yang menerima dakwah beliau dan banyak pula yang menolaknya sehingga
beliau memilih untuk berhijrah dari kampung halamannya menuju kota Dir’iyyah.
Dan disitulah beliau berjumpa dengan Alu Su’ud Muhammad bin Su’ud. Dengan
rahmat Allah beliau berdua melakukan kerjasama untuk saling bahu membahu dalam
berdakwah untuk mengembalikan kemurnian agama dan menghilangkan segala perkara
baru (dalam agama) yang bertentangan dengan syari’at. Dari sinilah munculnya cikal
bakal Kerajaan Saudi Arabia.[4]
Karya-karyanya
:
1.
Kitab At-Tauhid fiimaa Yajibu min Haqqillah ‘ala Al-‘Abiid
2.
Ushul
Al-Iman (Pokok Keimanan)
3.
Fadhlul
Al-Islam (Keutamaan Agama Islam)
4.
Kasyfu
Asy-Syubuhaat (Menyingkap
Kerancuan-kerancuan berfikir)
5.
Masaail
Al-Jaahiliyyah (Perkara-perkara
Zaman Jahiliyyah)
6.
Mukhtasor
Zaadul Al-Ma’aad (Ringkasan
Bekal Menuju Akhirat)
7.
Ushul
At-Tsalatsah (3 Landasan
Utama)
8.
Nawaaqidu
Al-Islam (Pembatal-pembatal Keislaman)
9.
Qowaaid
Al-Arba’ (4 Kaidah-kaidah dalam beragama)
10. Dll
Pujian
Ulama Terhadapnya :
Banyak
pujian yang datang dari kalangan Ulama’ yang sezaman dengan beliau ataupun
sesudahnya, diantaranya :
Saudaranya
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, Sulaiman berkata: “Dahulu ayah kami sangat
takjub dengan Muhammad karena pemahamannya yang cerdas sebelum usia baligh dan
ayah berkata : “Aku banyak mengambil faidah dari anakku itu terhadap
permasalahan hukum”.
Syaikh
As-Syaukani berkata : “Muhammad bin Abdul Wahhab salah satu ulama yang ahli
meneliti dan berpengetahuan luas tentang Al-Qur’an dan As-Sunnah”
Syaikh
Al-Alusy berkata : “Beliau adalah orang yang sangat fanatik terhadap sunnah
Nabi salallahu ‘alaihi wa sallam dan banyak mengingkari perbuatan yang
bertentangan dengan kebenaran di kalangan ulama yang dekat dengan kerajaan
dengan cara yang ma’ruf dalam mengingkarinya”.
Wafatnya
:
Beliau
wafat di kota Dir’iyyah pada tahun 1206 H (Usia 91 Tahun), bertepatan dengan
hari senin di akhir bulan Syawwal.[5]
Semoga
Allah merahmatinya dan membalas jasa-jasanya serta meluaskan kuburannya dengan
ampunan Allah Ta’ala. Aamiin.
[1]
Rujukan utama dari tulisan ini.
[2]
Lihat kitab Ar-Rokiizah fii Syuruhaat Mutun Al-‘Aqidah, Jilid 2 : hal.8
oleh Syaikh Kholid Al-Juhany atau Syarhu Tsalatsatu Al-Ushul hal.9 oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
[3]Al-Imam
Muhammad bin Abdul Wahhab Da’watuhu wa Sirotuhu hal.3 oleh
Syaikh Abdul Aziz bin Aziz bin Baz
[4] Lihat
kitab Tarikh At-Tasyri’ hal 211 oleh Dr. Rasyad Hasan Khalil (Muqorror
Resmi Univ. Al-Azhar Kairo)
[5]
Lihat kitab Ar-Rokiizah fii Syuruhaat Mutun Al-‘Aqidah, Jilid 2 : hal.10-11
oleh Syaikh Kholid Mahmud Al-Juhany
0 komentar:
Posting Komentar