HOME

Jumat, 29 September 2017

** Asyuro & Keutamaan Bulan Allah Al-Muharram **


 oleh : Abu Yusuf Akhmad Ja'far
* Apakah anda ingin dicintai Allah ?
Jawab :
قَال اللهُ عزوجل فِي الحديثِ القدسى : مَازَالَ عبدِى يَتَقَرَّبُ إلى اللهِ بالنوافل حَتَّى أُحِبَّهُ
Nabi shalallahu alaihi wa salam bersabda : "Senantiasa seorang hamba mendekat kepada Allah dengan Amalan-amalan Sunnah sampai Aku (Allah) mencintainya" (HR. Bukhari)
* Keutamaan Bulan Al-Muharram
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : أفضل الصيام بعد رمضان صيام شهر الله المحرم و أفضل الصلاة بعد الفريضة صلاة الليل
"Sebaik-baik Puasa setelah Bulan Ramadhan yaitu Puasa pada Bulan Allah Al-Muharram, dan Sebaik-baik shalat setelah Shalat Fardhu (5 waktu) adalah Shalat Malam (Tahajjud) " (HR. Muslim )
Hasan Al-Basri berkata :
" Senikmat-nikmat waktu seorang mukmin adalah pada musim dingin, karena malamnya panjang (enak) untuk qiyamullail dan siangnya pendek (enak) untuk puasa "
* Keutamaan Puasa Asyura
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : صوم عاشوراء يكفر سنة ماضية
" Puasa Sunnah Asyuro (10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lalu " (HR. Muslim)
* Kenapa Kok Kita (disunnahkan) Puasa Asyuro?
Tatkala Nabi shalallahu alaihi wasallam datang ke Madinah, maka Nabi melihat Kaum Yahudi berpuasa Asyuro. Lalu Nabi bertanya : Hari Apa ini (Kok Kalian Berpuasa) ? Mereka menjawab : Hari ini hari Baik, hari dimana Allah Ta'ala menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya, maka Nabi Musa Alaihissalam berpuasa. Nabi berkata : Aku lebih berhak kepada Musa daripada kalian, maka Nabi berpuasa dan memerintahkan (umatnya) untuk berpuasa " (HR. Bukhari )
** Kami lebih berhak atas Nabi Musa daripada Kalian **
Dari Ibnu Abbas Radiyallahu'anhu berkata : Sekarang Nabi berpuasa (Asyuro) dan memerintahkan umatnya untuk berpuasa, lalu Ibnu Abbas berkata : Wahai Ya Rasulullah, sekarang ini hari yang diagungkan oleh kaum Yahudi, maka Nabi menjawab : " Jika seandainya aku hidup sampai tahun depan maka aku akan puasa (juga) pada tanggal 9 Muharram" (HR. Muslim)
Para Ulama mengatakan : Di dalam hadist tersebut ada isyarat mengenai sebab di syariatkannya puasa pada tanggal 9 Muharram & 10 Muharram karena agar tidak bertasyabbuh dengan kaum Yahudi yang hanya puasa pada tanggal 10 Muharram saja. Dan Nabi shalallahu alaihi wa salam telah meninggal sebelum melaksanakan puasa pada tanggal 9, Apakah kita ini termasuk yang menghidupkan keinginan (Yang menjadi Sunnah) Nabi shalallahu alaihi wasallam?
Peringatan :
Untuk Warga Mesir dan siapa yang tinggal disana bahwa 9 Muharram jatuh pada hari Sabtu (30 Sept 2017) dan 10 Muharram jatuh pada hari Ahad (1 Oktober 2017). Adapun di Indonesia, sekarang tanggal 9 dan Besok tanggal 10. Wallahu A'lam.
Jangan sia-siakan kesempatan ini !!

Kairo, 08 Muharram 1439 H

0 komentar:

Posting Komentar