HOME

Sabtu, 20 Januari 2018

🌷Perhatian Ulama terhadap Bahasa Arab



🖋Oleh : Abu Yusuf Akhmad Ja'far
Belajar bahasa arab bagi umat islam adalah sangat dianjurkan, bahkan sampai ada yang mengatakan taraf wajibnya belajar bahasa arab. Mereka menggunakan salah satu kaidah dalam ushul Fiqh
ما لا يتم الواجب إلا به فهو واجب 
" Sesuatu kewajiban tidak sempurna kecuali dengan mengerjakan komponen pendukungnya, maka belajar komponen pendukung nya pun jadi wajib"
Analoginya begini, Memahami Al-Qur'an dan Sunnah wajib bagi muslim, dan komponen untuk bisa memahaminya harus dengan bahasa arab, jadi sesuai kaidah diatas maka wajib belajar bahasa arab karena mustahil seseorang akan paham Al-Qur'an dan Sunnah kecuali dengan paham bahasa arab terlebih dahulu.
Konsekuensi ringan kalau kita tidak bisa bahasa arab, maka akan terjadi kesalahan dalam pengungkapan sebuah kalimat, yang asalnya di baca begini jadi begitu dan hal itu tentunya merusak makna itu sendiri. Salah satu penyebab nya tidak belajar bahasa arab terutama ilmu Nahwu dan Shorof.
Dikatakan oleh
Maslamah bin Abdul Malik bin Marwan berkata,
اللحن في الكلام أقبح من الجذري في الوجه
“Lahn (kesalahan) dalam berbicara (dalam bahasa arab) lebih jelek dari sekedar penyakit cacar di wajah.” (Lihat kitab Uyun Al-Akhbar karya Ad-Dainury)
🌷Semoga kita istiqomah untuk belajar bahasa arab.
____________________
Kairo, 04 Jumadil Ula 1439 H

0 komentar:

Posting Komentar