HOME

Senin, 23 April 2018

Rahasia-Rahasia Kebaikan di Balik Bulan Ramadhan_1



Oleh : Abu Yusuf Akhmad Ja'far 

            Segala Puji Bagi Allah atas limpahan Rahmat Nya, sholat semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad salallahu alaihissalam.

            Beberapa hari lagi kita akan menjumpai bulan yang mulia, bulan yang agung, bulan untuk panen pahala, yaitu Bulan Ramadhan.

          Kita akan kupas rahasia-rahasia kebaikan yang terkandung di bulan Ramadhan, sebagai berikut :

Rahasia Kebaikan Pertama : Pada Bulan Ramadhan Pintu Surga di Buka, Pintu Neraka di tutup dan para Syaitan dibelenggu.

Nabi Muhammad salallahu alaihissalam bersabda :

إِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ ، وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ

“Apabila telah masuk bulan Ramadhan, terbukalah pintu-pintu langit dan tertutuplah pintu-pintu neraka dan setan-setan pun terbelenggu.” (HR. Bukhari Muslim)
Terbuka Pintu-pintu langit yang dimaksud yaitu terbuka ya Pintu-pintu surga, hal ini dijelaskan oleh Ibnu Battal dalam Syarh Shahih Bukhari.

Rahasia Kebaikan Kedua : Siapa saja yang berpuasa dengan rasa yakin (kemantapan hati) dan ikhlas maka akan diampuni Dosa-dosa yang telah lalu

Nabi Muhammad salallahu alaihissalam bersabda :
مَنْ صام رمضان إيماناً واحتساباً غُفِرَ له ما تَقَدَّم مِنْ ذَنْبِه

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala akan diampuni dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari dan Muslim)
-Makna Iman disitu adalah benar-benar yakin bahwa puasa itu benar-benar memiliki keutamaan (Lihat Syarh Shahih Muslim)
-Makna Ihtisab : Ikhlas, hanya menginginkan ganjaran dari Allah, dan tidak menginginkan untuk riya' (dilihat manusia) dan segala sesuatu yang membatalkan keikhlasan (Lihat Syarh Shahih Muslim)
-Makna Diampuni dosa sebelumnya : Yaitu Dosa-dosa kecil, bukan Dosa-dosa besar (Lihat Syarh Shahih Muslim)

Rahasia Kebaikan Ketiga : Siapa yang Shalat Malam di Bulan Ramadhan dengan yakin dan ikhlas maka akan diampuni dosa yang telah lalu

Nabi Muhammad salallahu alaihissalam bersabda :
مَنْ قام رمضان إيماناً واحتساباً غُفِرَ له ما تَقَدَّم مِنْ ذَنْبِه

“Barangsiapa yang Shalat Malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala akan diampuni dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rahasia Kebaikan Keempat : Siapa yang Shalat Malam di Lailatul Qodar dengan yakin dan ikhlas maka akan diampuni dosa yang telah lalu

Nabi Muhammad salallahu alaihissalam bersabda :
مَنْ قام ليلةَ القدر إيماناً واحتساباً غُفِرَ له ما تَقَدَّم مِنْ ذَنْبِه,و مَنْ صام رمضان إيماناً واحتساباً غُفِرَ له ما تَقَدَّم مِنْ ذَنْبِه

“Barangsiapa yang Shalat Malam di Lailatul Qodar karena iman dan mengharap pahala akan diampuni dosanya yang telah lalu dan Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala akan diampuni dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari dan Muslim)


Rahasia Kebaikan Kelima : Bahwa Ibadah pada Malam Lailatul Qodar lebih baik daripada ibadah 1000 bulan

Allah Ta'ala berfirman :
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

''Lailatul Qodar (Malam kemuliaan) itu lebih baik dari seribu bulan''. (QS. Al-Qodar : 3)

Inilah bagian pertama dari rahasia-rahasia kebaikan di Bulan Ramadhan yang akan kita jumpai beberapa hari lagi In syaa Allah.

Semoga kita termasuk orang yang selalu berlomba - lomba dalam kebaikan di Jalan Allah Ta'ala

Berlanjut in syaa Allah ke bagian 2


Kairo, 07 Sya'ban 1439 H

Rujukan : Kitab Tuhfatu Al-Abror fii Al-Khutob Al-Qishar, Cet. Dar Taqwa Kairo karya Guru kami Syaikh Kholid Mahmud Al-Juhany Hafidzahullahu Ta'ala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar